Logo Bloomberg Technoz

Kemendag Sebut Migrasi Sistem TikTok dan Tokopedia Rampung 100%

Mis Fransiska Dewi
13 March 2024 20:07

Ilustrasi Kerjasama Tiktok dan Tokopedia (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Kerjasama Tiktok dan Tokopedia (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan integrasi sistem antara TikTok dan Tokopedia secara keseluruhan telah beralih dan dikelola oleh PT Tokopedia dengan nama Shop Tokopedia.

“Berdasarkan hasil pantauan terakhir, proses migrasi sudah berjalan baik front-end maupun back-end terkait pembayaran, data user, dan lain-lain yang seluruhnya telah dikelola oleh Tokopedia bukan lagi TikTok,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim kepada Bloomberg Technoz, Rabu (13/3/2024).

Terkait proses integrasi tersebut, kata Isy, Kemendag masih terus memantau perkembangannya ke depan karena masih terdapat beberapa hal yang harus diselesaikan segera.

“Seperti masih diperlukan pencantuman link atau tautan untuk konsumen mendapatkan invoice atau tagihan sebagaimana terdapat pada aplikasi Tokopedia,” tutur Isy. 

Sejak Desember 2023, Kemendag sudah memberikan waktu kepada TikTok-Tokopedia untuk melakukan migrasi sistem dengan tenggat 3-4 bulan atau hingga April mendatang guna memenuhi ketentuan dalam Permendag Nomor 31 tahun 2023.