Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Turun, Gangguan Jalur Pipa AS Tak Pengaruhi Pasar

News
09 March 2024 08:00

Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Julia Fanzeres dan Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak turun sedikit. Gangguan singkat pada pipa Keystone di Amerika Utara tak mempengaruhi pasar.

Minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 1,2% menjadi sekitar US$78 per barel, semakin mundur dari level psikologis kunci yaitu US$80 per barel. Sementara itu, operator pipa TC Energy Corp mengkonfirmasi keamanan Keystone, dan menambahkan bahwa layanan tersebut ditangguhkan sementara "sebagai tindakan pencegahan" dan tidak ada minyak mentah yang tumpah.

Harga minyak telah diperdagangkan dalam kisaran yang ketat tahun ini, bahkan dengan volatilitas yang lebih rendah minggu ini yang membuat harga Brent berada dalam kisaran tersempit sejak September 2021. Pembatasan produksi oleh OPEC+ dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan Laut Merah telah diimbangi oleh lonjakan pasokan dari produsen di luar kartel termasuk AS. Kekhawatiran yang terus-menerus tentang pertumbuhan ekonomi China menambah tekanan.

Namun, harga minyak mendapat dukungan dari komentar Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell bahwa mereka semakin dekat dengan keyakinan yang dibutuhkan untuk mulai menurunkan suku bunga. 

Grafik harga minyak. (Sumber: Bloomberg)