Logo Bloomberg Technoz

Pengaturan Akustik Speaker Masjid: Panduan Tarawih dan Salat Id

Angga Indrawan
08 March 2024 11:20

Ilustrasi Masjid (Dok. Envato)
Ilustrasi Masjid (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepatuhan terhadap pedoman aturan speaker masjid selama Ramadan menjadi pesan yang ditekankan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Berikut aturan penggunaan speaker masjid selama Ramadan.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengimbau umat Islam dalam syiar Ramadan tetap memedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala. 

Seperti diketahui, edaran pengeras suara terbit pada 18 Februari 2022. Edaran ini antaran lain mengatur volume pengeras suara diatur sesuai dengan kebutuhan, dan paling besar 100 dB (seratus desibel).

SE Nomor 5 menjadi pedoman yang diberikan pemerintah dalam penggunaan speaker masjid, termasuk di dalamnya saat syiar Ramadan.

"Untuk memastikan penggunaan pengeras suara agar tidak menimbulkan potensi gangguan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga masyarakat, diperlukan pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan musala bagi pengelola (takmir) masjid dan musala," tulis Menag dalam ketentuan umum SE Nomor 5.

Pengaturan Speaker Masjid