Logo Bloomberg Technoz

PTBA Ungkap Calon Investor Baru DME Batu Bara, Tak Jadi Mangkrak

Dovana Hasiana
08 March 2024 09:58

Tambang batu bara terbuka PT Bukit Asam. (Dok. PTBA)
Tambang batu bara terbuka PT Bukit Asam. (Dok. PTBA)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  PT Bukit Asam Tbk  (PTBA) mengungkapkan nama calon investor dari China yang berpotensi menggantikan Air Products & Chemical Inc (APCI) dari Amerika Serikat (AS) di proyek strategis gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME).

Direktur Utama Bukit Asam Arsal Ismail mengatakan perseroan tengah menjajaki peluang untuk bermitra dengan East China Engineering Science and Technology Co Ltd (ECEC) untuk menggawangi proyek penghiliran batu bara menjadi DME tersebut.

“Beberapa kami lihat di China ada beberapa perusahaan yang produksi DME. Dari beberapa itu, yang serius dengan kami namanya East China Engineering and Technology, yang paling serius kami jajaki untuk DME, di samping akan bicara [nilai] keekonomiannya,” ungkapnya dalam konferensi pers kinerja PTBA, Jumat (8/3/2024).

Dengan kata lain, Arsal memastikan megaproyek gasifikasi batu bara besutan PTBA masih berdenyut setelah mangkrak usai ditinggal investor terdahulu. APCI sebelumnya hengkang lantaran memilih untuk fokus menggarap proyek hidrogen biru di AS, setelah dijanjikan insentif menarik dari Presiden Joe Biden. 

Sebelumnya, sempat berembus kabar Sedin Engineering Co Ltd dari China akan menjadi calon kuat pengganti APCI dalam proyek tersebut.

Aktivitas pemindahan batu bara PT Bukit Asam di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. (Dok Dadang Tri/Bloomberg)