Logo Bloomberg Technoz

Performa obligasi beragam, dengan imbal hasil dua tahun kembali ke 4% setelah penurunan tajam secara historis dalam beberapa hari terakhir. Hasil 10 tahun sedikit berubah. Obligasi di seluruh Eropa menurun, dengan imbal hasil 10 tahun Jerman naik 17 basis poin. Indeks dolar tergelincir dan euro pulih dari level terendah dua bulan.

"Pembuat kebijakan ECB akan bergulat dengan risiko bahwa tetap berpegang pada rencana awal untuk menaikkan 50 basis poin dapat makin merusak kepercayaan," kata Sarah Hewin, kepala penelitian Eropa dan Amerika di Standard Chartered Plc. “Kebijakan tidak pengetatan dapat dibaca oleh pasar sebagai pengakuan atas kerentanan yang mendasarinya.”

Gejolak sektor perbankan – yang dimulai pekan lalu setelah kegagalan Silicon Valley Bank dan Signature Bank – telah menghapus keuntungan S&P 500 sepanjang tahun ini. Semua mata sekarang tertuju pada pertemuan kebijakan Federal Reserve pekan depan, dengan para ekspektasi trader hampir terbagi rata apakah bank sentral akan menaikkan suku bunga. 

Harga pasar sekarang menunjukkan bahwa Fed akan segera melakukan pivot dan akan memangkas suku bunga sebanyak 1% pada akhir tahun.

"Ketidakpastian sangat tinggi saat ini dan ada banyak aksi jual karena guncangan dari volatilitas yang lebih tinggi dan faktor lainnya," kata Ulrich Urbahn, kepala strategi dan penelitian multi-aset di Berenberg. “Perubahan fokus dari inflasi ke kekhawatiran pertumbuhan dan stabilitas keuangan telah membalikkan lagi korelasi obligasi-saham. Reli bantuan yang lebih kuat tidak mungkin terjadi sebelum pertemuan Fed."

--Dengan asistensi Michael Msika, Sujata Rao, Sagarika Jaisinghani and Jan-Patrick Barnert.

(bbn)

No more pages