Logo Bloomberg Technoz

Keputusan itu dibuat "dengan maksud untuk menurunkan inflasi lebih lanjut, melindungi tabungan hryvnia dari terkikis oleh inflasi, dan mempertahankan nilai tukar yang stabil," Bank Nasional Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan.

IMF dan pemerintah di Kyiv telah membuat kemajuan dalam pembicaraan untuk program yang lengkap, yang akan menandai pertama kalinya pemberi pinjaman akan memberikan bantuan kepada negara yang sedang berperang. 

Pembicaraan itu "produktif dan kemajuan yang sangat baik telah dibuat," kata IMF dalam sebuah pernyataan Rabu.

Invasi Rusia, diluncurkan lebih dari setahun yang lalu, telah menghancurkan ekonomi dan infrastruktur Ukraina, menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan orang mengungsi.

Perekonomian runtuh sekitar sepertiga tahun lalu, memusnahkan basis pendapatan negara dan memaksa pemerintah untuk mengandalkan bantuan internasional.

Bank sentral memangkas prospek pertumbuhan ekonomi 2023 menjadi 0,3%, dari sebelumnya 4%. Meski pembuat kebijakan juga meningkatkan perkiraan inflasi mereka pada Januari, mereka mengatakan tidak ada koreksi yang diperkirakan untuk tahun ini.

(bbn)

No more pages