Logo Bloomberg Technoz

AS Habiskan Ratusan Juta Dolar untuk Awasi Taktik China di LCS

News
07 March 2024 12:50

Laut China Selatan. (Dok: Bloomberg)
Laut China Selatan. (Dok: Bloomberg)

Philip J Heijmans - Bloomberg News

Bloomberg, Seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) mengatakan, AS menghabiskan ratusan juta dolar untuk mengembangkan kemampuan maritim di Asia Tenggara ketika negara-negara menghadapi tekanan yang semakin meningkat dari Beijing di Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan.

"Kami menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang untuk berinvestasi dalam membangun kapasitas maritim mitra-mitra kami," Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink mengatakan dalam sebuah konferensi pers daring dari Washington, Rabu malam, setelah melakukan lawatan ke lima negara di kawasan itu.

"Semakin banyak negara yang mampu memahami apa yang terjadi di wilayah maritim mereka dan mempertahankan kepentingan mereka sendiri di wilayah maritim mereka," ujarnya.

Pernyataan tersebut menyusul tabrakan antara kapal penjaga pantai dari China dan Filipina minggu ini selama misi pasokan ulang di perairan yang disengketakan. Manila mengatakan empat pelautnya terluka dalam insiden tersebut setelah kapal China menembakkan meriam air ke salah satu kapal pasokannya.