Logo Bloomberg Technoz

Vietnam Ingin Permudah Syarat Visa untuk Tarik Turis

News
16 March 2023 17:47

Bursa saham Hanoi, Vietnam (Sumber: Bloomberg)
Bursa saham Hanoi, Vietnam (Sumber: Bloomberg)

Mai Ngoc Chau - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh memerintahkan para pejabat pemerintahannya untuk melonggarkan persyaratan untuk mendapatkan visa masuk ke negara itu dalam upaya menarik lebih banyak wisatawan asing. 

Media setempat sebelumnya melaporkan bahwa kesulitan dalam membuat visa turis ke Vietnam menjadi penyebab utama negara ini kesulitan mendatangkan kembali wisatawan asing setelah periode pandemi Covid-19. 

Tahun lalu, kurang dari 3,7 juta wisatan asing datang ke negara yang terkenal dengan jajanan pinggir jalan, pantai-pantai yang indah dan situs Warisan Budaya UNESCO Halong Bay. Disebutkan pula bahwa para wisatawan itu mengeluhkan masalah infrastruktur seperti WC umum yang bau. 

Situs Pemerintah Vietnam melaporkan pada Rabu (15/03/2023) bahwa Chinh memerintahkan kabinetnya mengubah kebijakan prosedur imigrasi seperti menawarkan fasilitas bebas visa ke lebih banyak negara, meningkatkan masa tinggal bagi wisatawan asing dengan biaya yang pantas, serta memperluas program e-visa negara itu.