Logo Bloomberg Technoz

Perang di Sudan Berisiko Picu Krisis Kelaparan bagi 25 Juta Orang

News
06 March 2024 16:10

Perang saudara di Sudan (Sumber: Bloomberg)
Perang saudara di Sudan (Sumber: Bloomberg)

Ana Monteiro - Bloomberg News

Bloomberg, Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP), Cindy McCain mengatakan, perang di Sudan telah membahayakan ketahanan pangan bagi 25 juta orang di Sudan, Sudan Selatan, dan Chad, menjadikannya krisis kelaparan terbesar di seluruh dunia. McCain menyerukan agar ada akses yang tak terhalang dan lebih banyak dana untuk membantu masyarakat.

Unit PBB tersebut tidak dapat memberikan bantuan pangan darurat yang memadai kepada masyarakat di Sudan yang terjebak oleh pertempuran, McCain mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu setelah mengunjungi keluarga-keluarga di Sudan Selatan yang telah melarikan diri dari kekerasan.

"Dua puluh tahun yang lalu, Darfur merupakan krisis kelaparan terbesar di dunia dan dunia bersatu untuk menanggapinya," kata McCain. "Namun hari ini, rakyat Sudan telah dilupakan. Jutaan nyawa serta perdamaian dan stabilitas seluruh wilayah dipertaruhkan."

Sekitar 90% orang yang menghadapi tingkat kelaparan darurat di Sudan terjebak di daerah-daerah yang sebagian besar tidak dapat diakses oleh WFP, demikian ungkap organisasi bantuan tersebut.