Logo Bloomberg Technoz

Pengadilan ICC Keluarkan Perintah Tangkap 2 Komandan Rusia

Redaksi
06 March 2024 14:50

Tentara Rusia (Sumber: Bloomberg)
Tentara Rusia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk komandan tinggi Rusia, Sergei Kobylash dan Viktor Sokolov atas dugaan kejahatan perang di Ukraina. Demikian dikatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa.

Melansir Reuters, Rabu (6/3/2024), ICC, yang berbasis di Den Haag, mengatakan ada alasan yang masuk akal untuk meyakini bahwa keduanya bertanggung jawab atas "serangan rudal yang dilakukan oleh pasukan di bawah komando mereka terhadap infrastruktur listrik Ukraina dari setidaknya 10 Oktober 2022 hingga setidaknya 9 Maret 2023."

"Semua perang memiliki aturan. Aturan-aturan itu mengikat semua pihak tanpa terkecuali," ujar Jaksa Penuntut ICC, Karim Khan, seraya menambahkan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan kerja sama dengan Rusia, yang sejauh ini menolak untuk bekerja sama dengan ICC.

Ini adalah surat perintah kedua untuk penangkapan pejabat Rusia yang terkait dengan perang di Ukraina.
Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tank di medan perang Rusia vs Ukraina (Sumber: Bloomberg)

Pada Maret tahun lalu, ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan Presiden Vladimir Putin dan Komisioner Anak-anak Maria Lvova-Belova atas tuduhan kejahatan perang terkait penculikan anak-anak Ukraina.