Logo Bloomberg Technoz

Alasan Thailand Terapkan Bawa Uang Tunai Rp6,5 Juta untuk Wisman

Septiana Ledysia
06 March 2024 12:50

Penumpang pesawat di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, Senin (25/9/2023). (Valeria Mongelli/Bloomberg)
Penumpang pesawat di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, Senin (25/9/2023). (Valeria Mongelli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Thailand menerapkan peraturan baru untuk wisatawan mancanegara (Wisman) yang ingin masuk negaranya dengan membawa uang Rp6,5 juta.

Menurut Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Bangkok, Dewi Lestari hal tersebut dilakukan untuk mencegah trafficking (perdagangan manusia) dan wisman terlantar.

“Kita tidak bisa memastikan seperti apa itu otoritas Thailand. Hal ini dilakukan karena memang ada beberapa kasus-kasus adanya WNI (warga negara Indonesia) jadi trafficking, dengan scamming online untuk dibawa ke negara lain, itu untuk mencegah kondisi seperi apa. Dan kasus-kasus negara asing yang terlantar di Thailand,” kata Dewi dari video yang diunggah di Instagram Dubes RI Thailand.

Dewi juga menekankan aturan ini sebenarnya sudah berlaku sejak lama. Namun diberlakukan kembali karena banyak ditemukan wisman yang tidak bisa membeli makan karena tidak membawa uang tunai.

“Ketika kena random checking mereka pada tidak bawa uang. Sehingga tidak bisa membeli makan atau minuman di bandara,” tambahnya.