Logo Bloomberg Technoz

Vietnam Sapu Bersih Suap, Pengadilan Korupsi Rp189 T Dimulai

News
05 March 2024 13:20

Truong My Lan di pengadilan di Ho Chi Minh City pada tanggal 5 Maret. (Dok: Maika Elan/Bloomberg)
Truong My Lan di pengadilan di Ho Chi Minh City pada tanggal 5 Maret. (Dok: Maika Elan/Bloomberg)

John Boudreau - Bloomberg News

Bloomberg, Persidangan kasus penipuan senilai US$12 miliar (sekira Rp189 triliun) oleh taipan real estat Vietnam, Truong My Lan, dimulai pada Selasa (5/3) saat pemerintah menggalakkan kampanye anti-korupsi di seluruh sektor masyarakat.

Lan, ketua Van Thinh Phat Group, atau VPT, yang memiliki beberapa properti paling bergengsi di pusat komersial negara di Ho Chi Minh City, menghadapi tuduhan atas dugaan penggelapan lebih dari US$12 miliar dari Saigon Commercial Bank, atau SCB, antara Februari 2018 hingga Oktober 2022--jumlah yang melebihi kapitalisasi pasar sebagian besar bank di Vietnam.

Persidangan, yang dapat berlangsung selama dua bulan, diadakan di bawah pengamanan ketat di Pengadilan Rakyat Kota Ho Chi Minh. Sekitar enam ton dokumen merupakan bagian dari persidangan, menurut media lokal.

86 terdakwa dengan selusin mobil van dengan pengawalan ketat polisi dan sirene yang meraung-raung tiba di gedung pengadilan di Distrik Satu kota sekitar pukul 07.00. Suami Lan, pengusaha Hong Kong Eric Chu, dan keponakan perempuannya, Chief Executive Officer VTP, Truong Hue Van, juga menghadapi dakwaan atas kasus ini.