Logo Bloomberg Technoz

Sidang dimulai sekitar pukul 8.20 pagi dengan Lan dan suaminya mengatakan bahwa mereka dalam keadaan sehat setelah ditanyai oleh Hakim Pham Luong Toan. Sidang yang diawasi oleh dua hakim dan tiga anggota juri ini kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dakwaan untuk masing-masing terdakwa.

Kasus penipuan terbesar yang pernah terjadi di negara ini merupakan bagian dari kampanye anti-korupsi yang telah berlangsung selama bertahun-tahun yang dipelopori oleh Sekretaris Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong.

Dorongan ini telah menyentuh semua sektor masyarakat dan tingkat pemerintahan tertinggi dan muncul ketika negara Asia Tenggara ini muncul sebagai pusat rantai pasokan global untuk perusahaan-perusahaan seperti Apple Inc dan Samsung Electronics Co. Kasus Lan dan kasus-kasus lainnya telah mengguncang sektor obligasi, perbankan, dan properti di negara ini.

Menurut pengacaranya, Giang Hong Thanh, Lan, 67 tahun, ia tidak secara sengaja melanggar hukum atau merugikan negara dan para deposan. Ia menambahkan bahwa Lan bersedia menanggung segala kerugian ekonomi yang menjadi tanggung jawabnya.

Lan menghadapi hukuman penjara, jika terbukti bersalah, dan bahkan kemungkinan hukuman mati dalam kasus terburuk.

Penyelidikan terpisah sedang menyelidiki dugaan perampasan aset secara curang dari penerbitan obligasi yang terkait dengan pengembang. Penyelidikan polisi lainnya sedang memeriksa dugaan pencucian uang yang terkait dengan Lan dan Chu, menurut surat kabar Cong An Nhan Dan milik Kementerian Keamanan Publik.

Perwakilan dari SCB, Chu dan Van belum menanggapi permintaan komentar.

(bbn)

No more pages