Logo Bloomberg Technoz

MA Thailand Bebaskan Mantan PM Yingluck dari Tuduhan Korupsi

News
04 March 2024 19:20

Mantan perdana menteri Thailand Yingluck Shinawatra. (Sumber: Bloomberg)
Mantan perdana menteri Thailand Yingluck Shinawatra. (Sumber: Bloomberg)

Anuchit Nguyen - Bloomberg News

Bloomberg, Mantan perdana menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, dibebaskan dari kasus terkait perannya dalam membelanjakan 240 juta baht (Rp105 miliar) untuk proyek infrastruktur pemerintahannya saat itu.

Mahkamah Agung (MA) menyatakan Yingluck dan para terdakwa lain tidak bersalah atas segala kesalahan apa pun dalam menjalankan kampanye hubungan masyarakat pada 2013. Komisi Anti-Korupsi Nasional menuding Yingluck dan terdakwa lain melanggar prosedur dalam menyetujui dan memilih kontraktor untuk program tersebut.

Ini bukan satu-satunya masalah hukum yang dihadapi Yingluck. Perdana menteri perempuan pertama dan satu-satunya di Thailand sejak berakhirnya monarki pada 1932 tersebut meninggalkan Thailand pada 2017, daripada menghadapi hukuman penjara karena kebijakan beras yang mahal selama masa jabatannya sebagai perdana menteri yang berakhir dalam kudeta pada 2014.

Saudaranya dan mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dijatuhi hukuman delapan tahun penjara setelah kembali dari pengasingan diri selama 15 tahun pada Agustus. Raja Maha Vajiralongkorn mengurangi hukuman Thaksin menjadi satu tahun. Pemerintah kemudian memberinya pembebasan bersyarat khusus dengan alasan usia tua dan penyakitnya.