Logo Bloomberg Technoz

Jepang Siap Umumkan Berhasil Atasi Deflasi, Ekonomi Mulai Bangkit

News
04 March 2024 15:50

Ilustrasi Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Ekonomi Jepang. (Dok: Bloomberg)

Shoko Oda - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Jepang sedang membahas untuk secara resmi menyatakan bahwa ekonomi negara tersebut telah berhasil mengatasi deflasi.

Menurut laporan dari Kyodo News, pemerintah akan mempertimbangkan untuk membuat pernyataan setelah memperhitungkan negosiasi upah tahun ini untuk memeriksa apakah gaji meningkat sesuai dengan kenaikan harga. Proposal tersebut mencakup Perdana Menteri Fumio Kishida dan anggota kabinet lainnya yang secara terbuka menyatakan bahwa negara tersebut telah keluar dari deflasi dalam pertemuan dan konferensi pers, serta menyatakannya dalam laporan ekonomi bulanan.

Pasar sedang mengamati dengan cermat waktu kenaikan suku bunga bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) berikutnya, yang akan menjadi yang pertama sejak 2007. Gubernur BOJ Kazuo Ueda baru-baru ini mengatakan bahwa target harga belum terlihat, dan bank sentral akan terus memeriksa "apakah siklus positif antara upah dan harga mulai berubah."

Inflasi acuan Jepang melebihi perkiraan di bulan Januari, dengan indeks harga konsumen (IHK) tidak termasuk makanan segar naik 2% dari tahun sebelumnya. Ini adalah bulan ke-22 berturut-turut di mana inflasi memenuhi atau melampaui target bank sentral nasional. Sementara itu, pasar tenaga kerja negara tetap ketat di bulan yang sama, membuat perusahaan tertekan untuk menjanjikan kenaikan gaji yang solid dalam negosiasi gaji tahunan yang sedang berlangsung dengan serikat pekerja.