Logo Bloomberg Technoz

'Nyicil' Mobil di Amerika (AS) Makin Sulit, Ini Alasannya

News
02 March 2024 20:30

Penjualan mobil didealer AS. (Dok: Bloomberg)
Penjualan mobil didealer AS. (Dok: Bloomberg)

Claire Ballentine-Bloomberg News

Bloomberg, Warga Amerika Serikat (AS) makin kesulitan untuk mendapatkan persetujuan kredit mobil, karena bank-bank khawatir akan risiko gagal bayar di saat suku bunga dan harga mobil kian tinggi. Dengan para peminjam yang kesulitan membayar cicilan mobil bulanan mereka, para bank merespons dengan memperketat aturan kredit. 

Permohonan akan digagalkan jika pembeli tidak mampu membayar uang muka (DP) yang besar, sementara orang Amerika dengan keuangan yang sehat mengalami lebih banyak masalah daripada biasanya dalam pola pembelian kredit.

Akses ke kredit mobil tercatat yang terendah sejak Agustus 2020, dengan tingkat persetujuan pinjaman turun 1,6 poin persentase dari tahun ke tahun, menurut Cox Automotive.

Pada saat yang sama, persentase kredit mobil AS yang menunggak 90 hari atau lebih, naik di atas tingkat sebelum pandemi menjadi 2,66% pada kuartal keempat tahun 2023, menurut data Federal Reserve New York. Bandingkan di awal 2020 yang berkisar 2,37%, atau rata-rata selama 15 tahun di posisi  2,16%.