Logo Bloomberg Technoz

Makan Permen Bisa Atasi Sakit Telinga saat Naik Pesawat

Dinda Decembria
29 February 2024 21:00

Ilustrasi kuping. (Envato/seventyfourimages)
Ilustrasi kuping. (Envato/seventyfourimages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saat menaiki pesawat kerap kali seseorang dihampiri rasa pendengaran pengang hingga sakit. Bagaimana cara mengatasinya?

Dokter Spesialis, Telinga,  Hidung dan Tenggorokan (THT), Dokter Kartika Hajarani menyebutkan beberapa aktivitas agar terhindar dari sakit telinga saat di pesawat.

"Di pesawat kalau kita telinga sakit lagi landing atau take off,  baiknya melakukan gerakan, minum air, mengunyah, makan permen sehingga supaya tekanan sama," kata Kartika Hajarani, dalam webinar bersama Kementerian Kesehatan.

Dokter Kartika Hajarani menjelaskan keadaan sakit telinga sering dialami ketika landing atau take off di pesawat karena ada perbedaan ketinggian secara cukup signifikan dari permukaan tanah seperti hal samanya melakukan  kegiatan diving menyelam.

"Perbedaan telinga dalam tekanan dengan udara di luar. Salah satu fungsi telinga tengah untuk menyamakan tekanan tadi, misalnya dengan menelan, menguap, biasanya di pesawat suka diberi latihan permen, mengunyah menguap ketika kita ada gerakan mulut, tuba menghubungkan, hidung dan tenggorokan. Ketika ada perbedaan ketinggian tuba harus bergerak supaya nanti tekanan telinga tengah dan udara luar itu sama," jelasnya.