Logo Bloomberg Technoz

TikTok-Tokopedia, Wamendag Tunggu Selesai Migrasi Sesuai Prosedur

Pramesti Regita Cindy
29 February 2024 19:22

Ilustrasi Tokopedia dan Tiktok (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Tokopedia dan Tiktok (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan TikTok dan Tokopedia tengah melakukan migrasi atau penyesuaian sistem secara teknis, terutama dari sisi transaksi dan pembayaran, agar sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31.

"Jadi selama ini mereka [TikTok-Tokopedia] sedang proseslah, untuk mereka bisa bergabung. Karena kan sama saja ketika si A dan si B gabung, belum serta merta ditampung, tapi tentu ada penyesuaian-penyesuaian, misalnya dari sisi pembayaran, transaksi, dari sisi migrasi platform yang selama ini belum dilakukan," kata Jerry usai menghadiri Economic Outlook 2024 di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (29/2/2024). 

“Intinya kami menunggu proses [migrasi TikTok-Tokopedia] yang dilakukan sesuai dengan prosedur," tegas mantan anggota DPR dari Partai Golkar ini.

Sejak Desember 2023, Kemendag sudah memberikan waktu kepada TikTok-Tokopedia untuk melakukan migrasi sistem dengan tenggat 3-4 bulan atau hingga April mendatang guna memenuhi ketentuan dalam Permendag Nomor 31 tahun 2023.

Permendag 31 tahun 2023 mengatur bahwa media sosial (medsos) tidak diperbolehkan untuk berjualan dan melakukan transaksi pembayaran. Untuk memenuhi hal ini, TikTok telah menggandeng Tokopedia sejak 12 Desember 2023.

Artikel Terkait