Logo Bloomberg Technoz

Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Cek Formasi dan Jadwalnya

Azura Yumna Ramadani Purnama
29 February 2024 18:30

Ilustrasi tes CPNS. (Dok. Humas BKN)
Ilustrasi tes CPNS. (Dok. Humas BKN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara pada Mei 2024. Ini terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyebut proses pengusulan jumlah formasi CPNS dan PPPK 2024 telah ditutup pada 31 Januari lalu. Oleh karena itu, saat ini pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menunggu peta peta jabatan dan informasi jabatan instansi pusat dan daerah.

“Saat ini kami sedang melakukan validasi usulan kebutuhan CASN yang sudah disampaikan instansi pusat dan daerah ke dalam e-formasi,” ujar Anas dilansir dari laman resmi Men-PANRB, dikutip Kamis (29/02/2024).

Dalam kesempatan yang berbeda, Anas menjelaskan pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024 ditargetkan mulai pada bulan Mei mendatang. Namun, ia menegaskan, jika formasi yang dibutuhkan belum terpenuhi maka bisa dibuka seleksi lanjutan.

"Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei, dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024,” ujar Anas di Jakarta, pertengahan bulan lalu.