Logo Bloomberg Technoz

Sementara Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin dan Menhan Rusia Sergei Shoigu pada Rabu berbicara via telepon dalam upaya untuk mengurangi ketegangan.

"Kami menganggap setiap potensi eskalasi sangat serius dan itulah mengapa saya yakin penting untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka," kata Austin kepada wartawan.

"Saya pikir itu sangat penting bahwa kami dapat menelepon dan berbicara satu sama lain."

Austin mengatakan AS akan tetap melanjutkan penerbangan drone di wilayah udara internasional itu setelah gangguan pesawat Rusia.

“Episode berbahaya ini merupakan bagian dari pola tindakan agresif, berisiko dan tidak aman oleh pilot Rusia di wilayah udara internasional,” kata Austin pada pertemuan ke-10 Grup Kontak Pertahanan Ukraina.

“Jadi jangan salah. AS akan terus terbang dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan. Dan merupakan kewajiban Rusia untuk mengoperasikan pesawat militernya dengan cara yang aman dan profesional.”

AS kemudian menyalahkan pesawat Rusia sebagai penyebab kecelakaan itu walau tuduhan ini pun dibantah Moskow.

“Orang Amerika selalu mengatakan bahwa mereka tidak berpartisipasi dalam aksi militer,” kata Patrushev. “Tapi ini adalah konfirmasi terbaru bahwa mereka terlibat langsung dalam perang ini.”

(bbn)

No more pages