Logo Bloomberg Technoz

Tahun Lalu Gagal, ESDM Berwacana Bagi-Bagi Rice Cooker Lagi 2024

Sultan Ibnu Affan
29 February 2024 11:26

Rice cooker gratis Kementerian ESDM. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Rice cooker gratis Kementerian ESDM. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali mengkaji untuk melanjutkan program bagi-bagi alat penanak nasi atau rice cooker gratis pada tahun ini, yang sebelumnya juga sempat dilakukan tetapi tidak mencapai target pada akhir tahun lalu.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu mengatakan rencana itu dilakukan sejalan dengan upaya pemerintah yang bersikukuh program itu dapat mengurangi impor gas hingga ramah lingkungan.

"[Sedang] direncanakan. Kita memang mendorong rice cooker ini juga ada. Karena memang manfaatnya banyak, bisa mengurangi impor gas, kemudian menaikan kWh per kapita, dan lebih green," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Program itu juga dilakukan bersamaan dengan rencana pemerintah untuk menambah program bantuan pasang baru listrik (BPBL) yang juga menyasar kepada masyarakat melas menegah ke bawah.

Pembagian rice cooker gratis oleh Kementerian ESDM dimulai 12 Desember 2023./dok. ESDM

Jisman mengatakan kementerian saat ini pun tengah mengevaluasi program pembagian rice cooker tersebut yang sebelumnya hanya terealisasi sekitar 342.000 unit, atau hanya 68,5% dari target yang sebanyak 500.000 unit.