Logo Bloomberg Technoz

Apple Batal Produksi Mobil Listrik Demi AI & Vision Pro

News
28 February 2024 13:40

Pengunjung mencoba Vision Pro dari Apple. (Dok: Bloomberg)
Pengunjung mencoba Vision Pro dari Apple. (Dok: Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg, Dengan membatalkan rencana untuk membuat mobil swakemudi, Apple Inc melepaskan potensi pendapatan miliaran dolar dan impian untuk menjual apa yang disebut oleh seorang eksekutif sebagai "perangkat seluler pamungkas." Harapannya adalah bahwa taruhan besar lainnya--termasuk AI generatif dan headset realitas campuran--dapat membuat perbedaan.

Apple mencapai persimpangan ini pada Selasa, ketika mereka mengatakan kepada karyawan bahwa mereka menghentikan proyek mobil dan menugaskan kembali beberapa staf ke upaya AI-nya. Keputusan ini diambil setelah berbulan-bulan pertemuan antara eksekutif atas dan dewan direksi perusahaan tentang bagaimana cara melanjutkannya. Chief Operating Officer Jeff Williams dan kepala proyek Kevin Lynch menyampaikan kabar ini kepada sekitar 2.000 anggota tim dalam sebuah pertemuan yang berlangsung kurang dari 15 menit.

Simpulannya: Masa depan Apple tidak akan bergantung pada penjualan mobil seharga US$100.000 dengan fitur swakemudi. Sebaliknya, Apple akan fokus untuk mengejar ketertinggalannya dari para pesaingnya di industri AI generatif, di mana chatbot dari OpenAI dan Google telah menarik perhatian konsumen dan investor. Pergeseran ini juga memungkinkan Apple untuk berkonsentrasi mengubah headset Vision Pro--yang masih merupakan produk baru--menjadi produk yang populer.

Para investor dan analis memuji langkah tersebut, yang memungkinkan Apple menghindari pasar kendaraan listrik yang semakin berbahaya dalam beberapa bulan terakhir. Mengalihkan sumber daya ke arah AI generatif adalah langkah yang tepat "mengingat potensi keuntungan jangka panjang dari aliran pendapatan AI dibandingkan mobil," kata analis Bloomberg Intelligence, Anurag Rana dan Andrew Girard.

Apple. (Dok: Bloomberg)