Logo Bloomberg Technoz

Laba Perusahaan Properti Singapura Terpukul Tingginya Suku Bunga

News
28 February 2024 12:50

Properti Singapura (Dok: Bloomberg)
Properti Singapura (Dok: Bloomberg)

Low De Wei dan Krystal Chia - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan properti Singapura, City Developments Ltd dan CapitaLand Investment Ltd melaporkan penurunan laba setahun penuh yang lebih besar dari perkiraan, setelah dihantam oleh suku bunga tinggi dan penurunan real estat global.

Laba bersih di CDL turun menjadi S$317 juta (US$236 juta) untuk tahun yang berakhir Desember, turun 75% dari rekor pada tahun 2022, pengembang terbesar di Singapura itu mengatakan pada Rabu. Laba CapitaLand Investment turun 79% menjadi S$181 juta.

Hasil ini menutup tahun yang sulit bagi perusahaan. Pasar perumahan Singapura merosot, China tetap terperosok dalam krisis perumahan selama tiga tahun dan kemerosotan real estat komersial bergema di seluruh dunia, dirugikan oleh pukulan ganda dari suku bunga tinggi dan pekerjaan jarak jauh pascapandemi.

CDL menunjuk pada biaya pembiayaan yang lebih tinggi dan tidak adanya keuntungan divestasi yang substansial dibandingkan dengan tahun 2022. Manajer investasi real estat CapitaLand Investment mengatakan bahwa hal ini dipengaruhi oleh kerugian valuasi di China dan AS.