Logo Bloomberg Technoz

Apakah Buah Durian Baik untuk Gula Darah?

Redaksi
28 February 2024 13:02

Daging durian Musang King saat siap untuk dimakan di Raub Durian Orchard di Raub, Pahang, Malaysia, Minggu (29/11/2017). (Samsul Said/Bloomberg)
Daging durian Musang King saat siap untuk dimakan di Raub Durian Orchard di Raub, Pahang, Malaysia, Minggu (29/11/2017). (Samsul Said/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Buah durian, selain terkenal sebagai pemicu tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan, kini menarik perhatian dalam konteks gula darah.

Ternyata, durian tidak mengganggu kadar gula darah secara signifikan. Bahkan, durian termasuk dalam kategori makanan dengan indeks glikemik rendah, yang aman bagi penderita diabetes.

Durian, dengan indeks glikemik rendah sebesar 49, dinilai tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan gula darah. Oleh karena itu, konsumsi durian menjadi pilihan yang aman bagi mereka yang memiliki masalah gula darah. Tidak hanya itu, durian juga memiliki kandungan gula yang tidak terlalu tinggi, membuatnya lebih dapat diterima untuk penderita diabetes.

Untuk memahami lebih dalam apakah durian benar-benar baik untuk gula darah, perlu diperhatikan beberapa penjelasan berikut. Durian memiliki indeks glikemik yang rendah, yang menunjukkan kemampuannya untuk mengontrol kenaikan gula darah. Selain itu, kandungan gula dalam durian juga tidak berlebihan.

Menurut jurnal Foods yang dipublikasikan di NCBI pada 2019, durian Indonesia mengandung antara 3,10 hingga 14,05 gram gula per 100 gram buah. Namun demikian, bagi penderita diabetes, konsumsi durian sebaiknya tetap dalam batas yang wajar.