Logo Bloomberg Technoz

Kilang Pertamina Hasilkan 340 Juta Barel Minyak pada 2023

Sultan Ibnu Affan
28 February 2024 11:20

Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati meninjau Proyek RDMP Balikpapan. (Dok Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati meninjau Proyek RDMP Balikpapan. (Dok Kementerian ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Subholding PT Pertamina (Persero) di lini bisnis kilang & petrokimia, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), mencatatkan realisasi pengolahan minyak sebanyak 340 juta barel sepanjang 2023. 

Direktur Utama PT KPI Taufik Adityawarman mengatakan volume tersebut naik 19 juta barel atau 6% dari capaian tahun sebelumnya yang sebanyak 321 juta barel.

"Pada 2024, target akan makin meningkat seiring dengan mulai selesainya peningkatan kapasitas produksi di kilang Balikpapan dan juga kemampuannya memproduksi produk dengan kualitas tinggi setara dengan Euro 5," ujar Taufik dalam siaran pers, dikutip Rabu (28/2/2024).

Taufik mengatakan capaian itu berhasil dilakukan seiring dengan dilakukannya optimasi kilang, dengan menghasilkan produk bernilai tinggi sesuai dengan pergerakan crack spread atau perbedaan antara harga bahan baku minyak mentah dan harga produk yang dihasilkan kilang.

"Kita diberikan fleksibilitas dalam mengolah crude [minyak mentah] agar dapat memberikan profitabilitas kilang yang lebih baik," jelas Taufik.