Logo Bloomberg Technoz

Daftar Lengkap Harga BBM Usai Dijanjikan Tak Naik Hingga Juni

Sultan Ibnu Affan
28 February 2024 08:10

Ilustrasi pengisian BBM Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi pengisian BBM Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Awal pekan ini, pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga Juni. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil sidang paripurna Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama menteri kabinetnya pada Senin (26/2/2024).

"Diputuskan dalam sidang kabinet paripurna tidak ada kenaikan [tarif] listrik, tidak ada kenaikan [harga] BBM sampai Juni [2024], baik itu yang subsidi maupun nonsubsidi," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam keputusan itu, pemerintah pun telah berencana menyiapkan anggaran untuk PT Pertamina (Persero) dan PLN sebagai bantalan, guna memastikan tidak ada kenaikan harga tersebut.

Adapun pada Februari, sejumlah operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di seluruh Indonesia resmi menyesuaikan harga BBM-nya.

SPBU BP Milik AKR Corporindo. (Dok perusahaan)

Penyesuaian itu seiring dengan adanya Keputusan Menteri ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan Atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.