Logo Bloomberg Technoz

Harga BBM Pertamax dkk Tak Naik Sampai Juni, Kebijakan Logis?

Sultan Ibnu Affan
27 February 2024 14:00

Karyawan SPBU Pertamina./Bloomberg- Dimas Ardian
Karyawan SPBU Pertamina./Bloomberg- Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kalangan ekonom menilai keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis nonsubsidi hingga Juni tahun ini, sudah cukup selaras dengan pergerakan harga minyak global yang saat ini cenderung stabil.

Dalam kaitan itu, Kepala Ekonom Bank Pertama Josua Pardede mengatakan keputusan tersebut pun sudah mempertimbangkan risiko bantalan fiskal yang dinilai masih dapat diakomodasi oleh pemerintah terhadap potensi kenaikan harga minyak global.

Per hari ini, Brent untuk penyelesaian April stabil di US$82,50 per barel, sedangkan West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April sedikit berubah pada US$77,59 per barel.

"Kami menilai penundanaan kenaikan tersebut menunjukkan jika pergerakan harga sumber energi yang terjadi saat ini masih berada di dalam rentang risiko yang dapat diterima oleh pemerintah," ujar Josua saat dihubungi, Selasa (27/2/2024).

Harga minyak per 27 Februari 2024./dok. Bloomberg


Dengan demikian, Josua mengatakan, keputusan menahan harga BBM itu juga diharapkan dapat mengendalikan tingkat inflasi daerah yang dapat menaikkan harga barang pokok, yang juga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, khususnya kelas menengah.