Logo Bloomberg Technoz

Harga BBM Terkini, Pertamax dkk Dijanjikan Tak Naik Sampai Juni

Sultan Ibnu Affan
27 February 2024 08:35

Ilustrasi pengendara mengisi BBM di SPBU Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi pengendara mengisi BBM di SPBU Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga pertengahan tahun ini. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil sidang paripurna Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama kabinetnya pada Senin (26/2/2024).

"Tadi [red: kemarin] diputuskan dalam sidang kabinet paripurna tidak ada kenaikan [tarif] listrik, tidak ada kenaikan [harga] BBM sampai Juni [2024], baik itu yang subsidi maupun nonsubsidi," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Akibat keputusan itu, pemerintah pun telah berencana menyiapkan anggaran untuk PT Pertamina (Persero) dan PLN sebagai bantalan, guna memastikan tidak ada kenaikan harga tersebut.

Pada bulan ini, Pertamina sudah menjadi satu-satunya operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang tidak menaikkan harga BBM nonsubsidinya. 

Petugas SPBU Pertamina mengisi BBM ke sepeda motor./Bloomberg-Dimas Ardian

Sebaliknya, sejumlah operator SPBU di seluruh Indonesia resmi mengumumkan kenaikan harga pada awal Februari. Operator SPBU Shell Indonesia, BP-AKR, dan Vivo kompak menaikkan harga seluruh jenis BBM-nya. Kenaikan tersebut berada pada rentang harga Rp80/liter hingga Rp210/liter.