Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga Uno Ingin Kembangkan Destinasi Wisata Spiritual

Dinda Decembria
27 February 2024 11:00

Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkap rencana mengembangkan destinasi wisata spiritual. Dia mengatakan destinasi yang direncanakan itu berpusat di Candi Borobudur.

"Kita punya Candi Borobudur, kita harus kembangkan destinasi wisata spiritual tourism," kata Sandiaga kepada awak media di kantornya Kemenparekraf, Jakarta.

Sandia menyebut rencana wisata spiritual di Candi Borobudur berdasarkan data yang menyatakan 42% populasi di Asia Tenggara beragama Budha. Sehingga, dia aka berkoordinasi terkait rencananya tersebut dengan berbagai lintas kementerian.

"Jadi ini terus dikembangkan dengan lintas kementerian. Yaitu Kemenkomarves (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia) dan Kementerian Agama. Kita ingin kembangkan wisata-wisata, terutama di Borobudur," jelasnya.

Selain itu, Sandiaga juga mengatakan wisata spiritual yang paling besar di dunia adalah umrah. Indonesia merupakan penyumbang terbesar lewat umrah ke Arab Saudi.