Logo Bloomberg Technoz

Kanada terlambat dalam memperkenalkan undang-undang keamanan online dibandingkan dengan yurisdiksi lain seperti Inggris Raya, Uni Eropa, dan Australia. Selama kampanye pemilihan federal 2021, Partai Liberal yang dipimpin Trudeau berjanji untuk memperkenalkan undang-undang yang akan "menghentikan konten online yang berbahaya dan meminta pertanggungjawaban platform."

Rancangan undang-undang tersebut juga akan menciptakan pelanggaran kejahatan rasial baru yang akan berlaku untuk setiap pelanggaran lain dalam KUHP. Hal ini memungkinkan tindakan tersebut diperlakukan sebagai kejahatan tersendiri alih-alih sebagai faktor yang memberatkan dalam hukuman. Ini akan memungkinkan hukuman hingga penjara seumur hidup.

Undang-undang ini juga akan menetapkan proses bagi warga untuk mengajukan keluhan terkait ujaran online ke Komisi Hak Asasi Manusia Kanada. Mereka dapat memerintahkan pengguna untuk menghapus konten dan memberi kompensasi kepada korban hingga CA$20.000 (Rp231 juta).

Rancangan undang-undang ini menambah daftar peraturan internet kontroversial yang diperkenalkan oleh pemerintah Trudeau dalam beberapa tahun terakhir. Kritikus telah menyuarakan kekhawatiran tentang keseimbangan antara melindungi pengguna internet dan melindungi hak dan kebebasan.

Pemimpin Konservatif Pierre Poilievre, rival utama Trudeau, menyebut RUU itu sebagai "serangan terhadap kebebasan berekspresi" sebelum melihat undang-undang tersebut.

Tahun lalu, pemerintah mengeluarkan dua undang-undang yang menargetkan platform online. Undang-Undang Streaming Online bertujuan untuk memaksa platform seperti Netflix Inc dan Amazon.com Inc, untuk mendanai media lokal dan menampilkan konten Kanada. Undang-Undang Berita Online mengharuskan Alphabet untuk membayar konten berita.

Menanggapi hal tersebut, Meta telah menangguhkan semua tautan ke konten berita di Facebook dan Instagram di Kanada untuk menghindari pembayaran. Pemblokiran berita ini berdampak pada outlet berita yang mengandalkan Facebook untuk menjangkau komunitas mereka, termasuk organisasi kecil yang terkadang menjadi satu-satunya penyedia berita lokal di daerah pedesaan.

(bbn)

No more pages