Logo Bloomberg Technoz

3 Faktor Baru yang Jadi Penggerak Harga Bitcoin versi Analis

Redaksi
26 February 2024 08:59

Bitcoin. (Bloomberg)
Bitcoin. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ahli strategi JPMorgan Chase & Co menerangkan alasan di balik pergerakan naik Bitcoin belakangan ini—termasuk Ether—pada level tertinggi merupakan efek dari kehadiran investor ritel.

Dalam laporan yang dipublikasikan, dilansir Senin (26/1/2024), dorongan aktivitas transaksi oleh ritel mencerminkan antisipasi tiga katalis kripto utama selama beberapa bulan mendatang. Pertama peristiwa Halving Bitcoin, kedua peningkatan besar berikutnya dari jaringan Ethereum dan ketiga prospek persetujuan ETF Ethereum spot oleh SEC pada bulan Mei.

Tim yang dipimpin oleh Nikolaos Panigirtzoglou menegaskan bahwa, “Kami percaya bahwa dua katalisator pertama sebagian besar sudah diperhitungkan, sementara untuk katalisator ketiga kami hanya melihat peluang 50%.”

Diketahui setelah jeda harga pada Januari, bulan ini aset digital kripto mulai merangkak naik meski bersifat terbatas. Dari pengamatan terdapat aliran dana dari dompet berukuran kecil— yang digunakan sebagai proxy untuk pedagang eceran.

Nilai yang terkumpul telah jauh melampaui aliran investor institusional, setelah penyesuaian arus masuk ke dalam dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin baru.