Logo Bloomberg Technoz

China Merupakan Salah Satu Negara Termahal untuk Besarkan Anak

Delia Arnindita Larasati
24 February 2024 18:30

Ilustrasi warga China. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi warga China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menurut sebuah laporan terbaru, China merupakan salah satu negara termahal di dunia untuk membesarkan anak. 

Berdasarkan studi yang dirilis pada Rabu (21/2) oleh YuWa Population Research Institute yang berbasis di China, seperti dilaporkan CNN, biaya rata-rata untuk membesarkan seorang anak sejak lahir hingga usia 17 tahun adalah sekitar US$74.800 (Rp1,1 M). Sementara biaya yang dibutuhkan untuk mendukung seorang anak hingga meraih gelar sarjana, mencapai US$94.500 (Rp1,4 M).

Menurut laporan tersebut, biaya membesarkan seorang anak hingga usia 18 tahun di China 6,3 kali lebih tinggi dari produk domestik bruto (PDB) per kapita negara tersebut. 

"Karena alasan-alasan seperti tingginya biaya melahirkan dan sulitnya perempuan menyeimbangkan antara keluarga dan pekerjaan, keinginan masyarakat China untuk punya anak adalah yang paling rendah di dunia," ungkap laporan tersebut.

"Menggambarkan situasi populasi saat ini sebagai sebuah keruntuhan dalam populasi kelahiran bukanlah hal yang berlebihan," lanjutnya.