Logo Bloomberg Technoz

BI Angkat Bicara Soal Ramai Keluhan Netizen Terhadap QRIS

Pramesti Regita Cindy
24 February 2024 10:00

Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sistem pembayaran berbasi kode QR atau familiar QRIS, tengah ramai dibicarakan di X (dulu bernama twitter). Dimana hal ini bermula dari cuitan akun @adriansyahyasin yang menceritakan pengalamannya saat menggunakan QRIS untuk pembayaran. 

Dimana menurut pengakuannya, setiap ingin membayar menggunakan QRIS, dirinya selalu menerima pertanyaan soal jenis QRIS apa yang digunakan, padahal menurutnya QRIS adalah metode pembayaran tunggal. Sehingga pertanyaan ini membuatnya bingung. 

Selain itu akun ini juga menyinggung soal pembayaran menggunakan kartu debit tanpa sentuh. Menurutnya, masih petugas kasir yang tidak menawarkan metode pembayaran tanpa sentuh meskipun kartu dan mesin EDC mereka sudah mendukung.

"Sekarang bayar pake QRIS aja masih ditanyain 'QRISnya apa?' Ya aku jawab aja: 'Ya QRIS'," tulis akun @adriansyahyasin, dikutip Sabtu (24/2/2024). 

"Lebih menggemaskan lagi sekarang-sekarang ini kartu debit sudah support contactless dan EDCnya sudah support juga, tapi tidak ada edukasi sama sekali soal penggunaan contactless ini," sambungnya.