Logo Bloomberg Technoz

Biaya yang sangat tinggi tersebut bisa membantu meningkatkan pendapatan untuk Aston Martin yang sedang merugi. Aston Martin sedang terlilit utang sekitar US$1,4 miliar (Rp21 triliun).

Perusahaan tersebut telah berulang kali mengumpulkan uang tunai sejak miliarder Kanada Lawrence Stroll menyelamatkannya pada tahun 2020.

Seorang juru bicara Aston Martin mengatakan bahwa ada opsi yang lebih terjangkau tersedia, tergantung pada bagaimana pelanggan berencana menggunakan mobil tersebut. Dia menolak untuk memberikan rincian tentang ini, dengan mengutip kebijakan perusahaan. Mobil tersebut memerlukan insinyur motor-sport untuk memeliharanya dan biayanya sesuai dengan biaya servis hypercar lainnya, tambahnya.

"Kami menawarkan berbagai rencana servis yang sangat spesialis untuk mobil tersebut, yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus dan penggunaan spesifik dari pelanggan Valkyrie kami," kata juru bicara tersebut dalam sebuah pernyataan.

Memelihara Valkyrie jauh melebihi biaya merawat beberapa supercar lainnya. Bugatti Chiron, dengan harga yang serupa, biayanya sekitar US$170,000 (Rp2,6 miliar) untuk servis selama empat tahun. Garansi perpanjangan empat tahun untuk Bugatti Veyron yang mencakup segalanya kecuali ban ditetapkan sekitar US$200,000. (Rp3,1 miliar). Veyron dihentikan produksinya pada tahun 2015.

Meskipun merupakan kendaraan edisi terbatas yang akan dijual dalam jumlah kecil, Valkyrie telah menjadi kunci untuk meningkatkan pendapatan di Aston Martin, yang mengatakan pada bulan November telah mengirimkan 67 Valkyrie kepada pelanggan dalam tiga kuartal pertama tahun 2023.

Valkyrie adalah salah satu mobil termahal di dunia. Mobil ini dirancang seperti mobil balap Formula 1, mampu menghasilkan jumlah down force yang diperlukan untuk memungkinkan berkendara cepat di lintasan, terutama melalui tikungan dan belokan.

Peluncurannya telah berulang kali tertunda karena pabrikan mobil bekerja untuk menyelesaikan masalah elektronik.

Aston Martin membatasi model tersebut ke 150 coupe, 85 versi Spider atap terbuka, dan 40 varian AMR Pro yang hanya untuk lintasan. Bloomberg Intelligence memperkirakan pada tahun 2021 bahwa satu penjualan Valkyrie memberikan kontribusi pendapatan yang sama dengan 21 model Vantage V8 dari Aston Martin.

(bbn)

No more pages