Logo Bloomberg Technoz

Anggota Parlemen AS Tiba di Taiwan Saat Taiwan-China Menegang

News
22 February 2024 14:10

Anggota parlemen dari Partai Republik Mike Gallagher (Dok: Bloomberg)
Anggota parlemen dari Partai Republik Mike Gallagher (Dok: Bloomberg)

Jennifer Creery - Bloomberg News

Bloomberg, Delegasi anggota parlemen Amerika Serikat yang dipimpin oleh anggota parlemen dari Partai Republik Mike Gallagher tiba di Taiwan. Ini merupakan kunjungan yang mungkin akan memperburuk hubungan yang sudah tegang antara pulau tersebut dengan China.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis bahwa delegasi tersebut akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen, Wakil Presiden dan presiden terpilih Lai Ching-te, serta orang nomor dua di Taiwan, Hsiao Bi-khim, dalam kunjungan tiga hari mereka. Gallagher, yang mengetuai komite China di DPR, sebelumnya telah menyerukan untuk memperkuat pertahanan pulau tersebut dan membatasi hubungan ekonomi AS dengan negara Asia tersebut.

Kementerian Pertahanan akan menjadi tuan rumah jamuan makan siang untuk delegasi tersebut, menurut laporan media setempat. Financial Times melaporkan minggu lalu, mereka juga akan bertemu dengan Han Kuo-yu, ketua legislatif yang baru.

Kunjungan anggota parlemen AS ini dilakukan di tengah-tengah ketegangan di Selat Taiwan. Dua nelayan China tewas minggu lalu ketika speedboat mereka terbalik saat dikejar oleh Penjaga Pantai pulau tersebut di dekat sebuah pos lepas pantai Taiwan. Dua nelayan China lainnya berhasil diselamatkan dan dideportasi.