Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Pelabuhan Terbesar Kedua Indonesia di Makassar

Pramesti Regita Cindy
22 February 2024 13:40

Keterangan Pers Presiden Jokowi Terkait Penerimaan CASN 2024, Istana Merdeka, 5 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Keterangan Pers Presiden Jokowi Terkait Penerimaan CASN 2024, Istana Merdeka, 5 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Makassar New Port (MNP), Sulawesi Selatan. Pembangunan pelabuhan peti kemas terbesar kedua di Indonesia, setelah Pelabuhan Tanjung Priok-Jakarta,  ini memakan biaya hingga Rp5,4 triliun.

Dia mengklaim pelabuhan yang masuk pada Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut masih akan terus dikembangkan. Bahkan, PT Pelindo sebagai badan usaha milik negara (BUMN) diprediksi akan kembali menggelontorkan dana hingga Rp10 triliun untuk menuntaskan pembangunan tiga tahap hingga 2037.

"Iya, kalau nanti pelabuhan baru ini, Makassar New Port sudah penuh ya ditingkatkan kapasitasnya lagi," kata Jokowi dilansir Sekretariat Presiden, Kamis (22/2/2024). "Ini Rp5,4 Triliun, akan diinvestasikan lagi sampai ke angka Rp10 Triliun."

Menurut dia, MNP akan menjadi pusat pelabuhan peti kemas untuk wilayah Indonesia Timur. Keberadaan pelabuhan ini diharapkan bisa memangkas waktu dan biaya logistik di wilayah terebut.

Sebelumnya, kata Jokowi, barang-barang yang datang dari luar Makassar membutuhkan waktu 5-7 hari hanya untuk proses pembongkaran atau dwelling time.