Logo Bloomberg Technoz

Tahapan Peluncuran Satelit Merah Putih 2 Milik Telkom

Mis Fransiska Dewi
22 February 2024 10:33

gedung Telkom. (dok perusahaan)
gedung Telkom. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satelit Merah Putih 2 milik PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom berhasil diluncurkan pada Rabu (21/2/2024) dini hari pukul 03.11 WIB atau Selasa siang waktu Amerika Serikat (AS). Satelit tersebut diperkirakan akan sampai ke orbit pada Maret dan mulai beroperasi April mendatang. 

Satelit Merah Putih 2 akan ditempatkan pada slot orbit 113 BT atau berada di atas Kalimantan dengan 36 ribu kilometer di atas permukaan laut.

Direktur Wholesale dan International Service Telkom, Bogi Witjaksono mengungkapkan, tahapan-tahapan satelit saat peluncuran yakni sekitar setengah jam sebelum peluncuran dilakukan pengisian bahan bakar dan tidak ada masalah saat tahapan tersebut.

Tahapan berikutnya dilakukan pengecekan electrical dan kondisi satelit Merah Putih 2 secara keseluruhan dalam kondisi baik serta terdapat beberapa hal yang dicek sebelum melakukan peluncuran.

Setelah peluncuran, roket pertama kembali ke Bumi. Tahap berikutnya, roket kedua membawa satelit Merah Putih 2 ke orbit transisi. Setelah sampai di sana, satelit dilepas. Berikutnya Merah Putih 2 melakukan perjalanan ke orbit akhir.