Logo Bloomberg Technoz

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menetapkan pembagian dividen sebesar Rp 24,7 triliun atau setara Rp 529/saham. Dividen total setara dengan 60% dari total laba bersih konsolidasi Bank Mandiri tahun lalu yang tercatat Rp 41,17 triliun.

Dalam RUPS juga disetujui rencana manajemen untuk memecah nilai nominal saham atau Stock Split dengan rasio 1:2. Bank Mandiri juga menetapkan satu komisaris baru, dan masing-masing 1 komisaris dan 1 direktur pengganti. Zainudin Amali yang didapuk menjadi Komisaris Independen. Heru Kristiyana, mantan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga dipercaya sebagai komisaris menggantikan Boedi Armanto. Satu kursi Direktur Treasury and International Banking menjadi milik Eka Fitria, yang menggantikan Panji Irawan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan data ekspor Indonesia periode Februari 2023 tercatat sebesar US$ 21,4 miliar. Pencapaian ini tumbuh 4,51% secara tahunan. Sementara itu, nilai impor pada Februari 2023 ada di angka US$ 15,92 miliar. Turun 4,32% secara tahunan.

Alhasil neraca perdagangan Indonesia pada Februari 2023 masih surplus US$ 5,48 miliar. Neraca perdagangan Indonesia berhasil membukukan surplus selama 34 bulan berturut-turut. Surplus Februari 2023 jauh lebih tinggi ketimbang bulan sebelumnya yang tercatat US$ 3,87 miliar.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) surplus sebesar Rp 131,8 triliun pada Februari 2023. Surplus ini didorong oleh pendapatan negara yang kuat dan tren belanja yang positif. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pendapatan negara sepanjang Februari tumbuh 38,7% secara tahunan.

Sore hari ini Bank BNI menggelar RUPS Tahunan dengan agenda pergantian posisi direksi dan komisaris, penetapan nilai dividen atas laba bersih periode tahun buku 2022, serta persetujuan pembelian kembali (Buyback) saham dan pengalihan saham hasil buyback yang disimpan sebagai treasury stock.

Kinerja bursa di Asia hari ini bergerak kompak di zona hijau. Indeks Kospi +1,54%, indeks Hang Seng Hong Kong +1,26%, indeks Strait Times Singapore +1,14%, indeks Shanghai +0,67%, dan indeks Nikkei 225 +0,10%.

Berita global, inflasi Amerika Serikat (AS) tercatat pada tren positif. Inflasi periode Februari 2023 hanya naik 0,4% month-to-month (mtm), dan secara tahunan inflasi AS melandai menjadi 6%  year-on-year (yoy). Angka ini sesuai dengan estimasi konsensus Bloomberg, dan berada di bawah inflasi Januari 2023 pada level 6,4% yoy.

(fad/wep)

No more pages