Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Desak Penyaluran KUR Digenjot, OJK Siapkan Langkah Ini

Azura Yumna Ramadani Purnama
20 February 2024 16:50

Presiden Jokowi usai menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Presiden Jokowi usai menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perlu ada strategi baru untuk meningkatkan kredit perbankan untuk modal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Menurut dia, saat ini kredit perbankan untuk UMKM masih berada di angka 19%.

“Ini perlu sebuah terobosan, perlu sebuah strategi agar ada peningkatan kredit perbankan modal UMKM sehingga kita bisa melihat UMKM kita tumbuh dengan baik,” tutur Jokowi saat berpidato di Pertemuan Industri Jasa Keuangan, Selasa (20/2/2024).

Dalam hal ini, Kepala Eksekutif Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae memaparkan langkah-langkah yang akan ditempuh OJK untuk meningkatkan pemberian kredit yang diberikan perbankan kepada UMKM, utamanya pada Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dian menjelaskan, OJK terus mendorong penyaluran KUR dengan turut bekerja sama dengan berbagai Kementerian/Lembaga (K/L) terkait untuk memastikan penyaluran KUR berjalan dengan seharusnya.

“Jadi kalau ada yang kurang sesuai kita akan lakukan penyesuaian,” ucap Dian dalam konferensi Pers Pertemuan Industri Jasa Keuangan, Selasa (20/2/2024).