Logo Bloomberg Technoz

Real Count KPU: PSI Hingga Perindo Berpotensi Lolos di Pileg DPRD

Redaksi
18 February 2024 14:00

Cover-Ilustrasi-Quickcount-Pemilu-Legislatif (Asfahan/Bloomberg Technoz)
Cover-Ilustrasi-Quickcount-Pemilu-Legislatif (Asfahan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus menuntaskan rekapitulasi data penghitungan nyata atau real count Pemilihan Legislatif atau Pileg 2024. Berdasarkan data tersebut, maksimal hanya 9 dari 18 partai politik akan lolos ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sejumlah partai politik lainnya diprediksi kembali gagal mengirimkan kadernya ke Parlemen Senayan. Mereka adalah Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nasional (PKN), Partai Hanura, Partai Garda, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, dan Partai Ummat.

Berdasarkan data real count pada tiap provinsi (hanya yang sudah lebih dari 50% TPS), 4 dari 9 partai tersebut masih punya kemungkinan meloloskan kadernya ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Provinsi. Hal ini merujuk pada real count KPU di atas 25% pada tiap provinsi.

Partai Perindo juga memiliki capaian baik di tingkat DPRD Provinsi. Setidaknya, partai besutan Hary Tanoesoedibjo tersebut mencapai 4,95% di NTB; dan 4,98% di Bengkulu. KPU sudah mengumpulkan data dari 55,61-57,33% suara Pileg DPRD di dua provinsi tersebut. 

Partai Hanura bahkan menembus ambang batas pada Pileg DPRD di enam provinsi. Partai Oesman Sapta Odang ini meraih 5,53% suara di Bengkulu; 4,81% di Sulawesi Barat; dan 5,06% di Sulawesi Tengah. 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Dok. Tim Media Prabowo Subianto)