Logo Bloomberg Technoz

Moody's Kaji Ulang Peringkat First Republic Bank

News
14 March 2023 14:06

First Republic Bank (Sumber: Bloomberg)
First Republic Bank (Sumber: Bloomberg)

Harry Suhartono - Bloomberg News 

Lembaga pemeringkat Moody (Moody's) mengatakan meninjau ulang peringkat kredit jangka panjang First Republic Bank, menyusul keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB) yang berimbas ke seluruh sektor perbankan.

“Peninjauan ulang untuk peringkat ini mencerminkan kondisi pendanaan yang sangat fluktuatif yang tengah dihadapi oleh sejumlah bank AS yang terpapar arus keluar deposito yang tidak diasuransikan. Peringkat dapat diturunkan jika basis simpanan bank menurun secara signifikan. Hal itu dapat memicu penjualan aset, kristalisasi kerugian, dan ketergantungan yang meningkat pada pendanaan pasar.” tulis Moody's dalam sebuah pernyataan.

Penilaian terjadi setelah saham-saham bank Amerika Serikat (AS) turun pada Senin (13/032023). Diantaranya adalah First Republic Bank yang berbasis di San Francisco, yang kini berupaya meyakinkan investor melalui pernyataan tentang kekuatan likuiditasnya.

Investor pun ramai mempertanyakan apakah rencana penyelamatan deposan yang disusun oleh pemerintah untuk sistem bank AS akan cukup untuk mencegah kejatuhan dari keruntuhan SVB.