Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Kecurangan Pemilu Harap Lapor Bawaslu

Mis Fransiska Dewi
14 February 2024 12:50

Doorstop jokowi (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)
Doorstop jokowi (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menanggapi perihal sejumlah potensi kecurangan pemilu yang dikhawatirkan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Presiden mengatakan, dalam penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut memiliki mekanisme. Sehingga apabila masyarakat menemui adanya kecurangan dapat segera melaporkan kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). 

“Semuanya ada mekanismenya. Kalau di lapangan ada kecurangan bisa dilaporkan ke Bawaslu. Kemudian kalau masih belum, ini kan masih ada gugatan lagi di Mahkamah Konstitusi. Saya kira mekanisme itu yang harus semuanya mengikuti,” tuturnya usai melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 010 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Jokowi bersama istrinya Iriana tiba di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada pukul 08.48 mengenakan kemeja putih sedangkan Iriana mengenakan kebaya tunik berwarna Sage dan riasan lipstik merah.

Saat keluar dari mobil, Kepala Negara dan Ibu Negara langsung mengisi daftar hadir kemudian memeriksa kertas surat suara. Tak lupa mereka memperlihatkannya jari kelingking berwarna biru usai mencoblos kepada wartawan.