Logo Bloomberg Technoz

Tenggat September, Hutama Karya Kebut Proyek KSPN Rp161 M di Toba

Krizia Putri Kinanti
14 March 2023 11:46

Waterfront City Toba (Dok. Hutama Karya)
Waterfront City Toba (Dok. Hutama Karya)

Bloomberg Technoz, Jakarta — PT Hutama Karya (Persero) mempercepat pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas dan penataan Kawasan Waterfront City Pangururan dan Kawasan Tele Danau Toba, Sumatra Utara. Proyek tersebut ditenggat rampung pada September 2023. 

KSPN Danau Toba merupakan program pemerintah untuk membentuk 10 otoritas pariwisata di destinasi super prioritas.

Dalam kaitan itu, Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi mengatakan percepatan pada proses penggarapannya dilakukan dengan memaksimalkan teknologi Building Information Modelling (BIM) dalam merancang konstruksi serta memaksimalkan penggunaan material sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Dalam hal progres, saat ini sudah mencapai 23%. Kualitas pada proses dan hasil pembangunannya tetap kami perhatikan dengan mengedepankan seni dalam penataan dan detailnya serta menggunakan material sesuai dengan RKS [rencana kerja syarat) yang sudah ditentukan oleh owner,” ujarnya, Selasa (14/3/2023).

Pengerjaan sarana wisata di proyek penataan Kawasan Waterfront City Pangururan dan Kawasan Tele KSPN Danau Toba memiliki luas 6,4 hektare serta luas lahan untuk penataan Kawasan Panorama Tele kurang lebih 0,97 hektare.