Logo Bloomberg Technoz

TKN Bantah Komisi Antikorupsi Uni Eropa Selidiki Prabowo Soal Jet

Dovana Hasiana
11 February 2024 13:30

Rosan Perkasa Roeslani (Sumber foto: Lockheed Martin via tangakapan Layar Instagram @rosanroeslani)
Rosan Perkasa Roeslani (Sumber foto: Lockheed Martin via tangakapan Layar Instagram @rosanroeslani)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran membantah adanya penyelidikan oleh The Group of States Against Corruption (GRECO) atau Komisi Antikorupsi Uni Eropa kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atas dugaan korupsi pembelian 12 Jet Mirages 2000-5 bekas dari Qatar.

Ketua TKN Prabowo-Gibran Rosan Roeslani menegaskan berita soal dugaan korupsi pengadaan pembelian pesawat bekas Indonesia-Qatar yang diarahkan ke Prabowo Subianto adalah berita bohong atau hoaks.

"Saya cek langsung baik yang di Washington DC maupun di kedutaan besar Amerika-Indonesia tidak pernah ada permintaan itu sama sekali. Dari ini juga menambah bukti bahwa perintah itu adalah berita yang palsu, berita hoaks," kata Rosan dalam siaran pers, dikutip Minggu (11/2/2024).

"Saya kirim linknya ke mereka dan menanyakan, apakah benar dari pihak GRECO yang mengatasnamakan sebagai monitoring corruption meminta asistensi kepada pemerintah Amerika,"

Kedutaan Besar Amerika-Indonesia, kata Rosan, kembali melakukan pemeriksaan. Lalu kembali menegaskan bahwa tidak ada permintaan dari GRECO mengenai asistensi atau meminta kerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat dalam penyelidikan pembelian Mirage.