Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, Mirae Asset Sekuritas dalam analisis Technical Insightnya merekomendasikan, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Berita emiten, laba bersih PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berhasil naik 15,5% secara tahunan menjadi Rp 2,36 triliun, efek dari efisiensi beban dan penurunan pajak sepanjang tahun lalu. Efisiensi usaha yang signifikan terjadi pada beban penjualan dan beban keuangan yang masing-masing tercatat Rp 2,95 triliun dan Rp 1,42 triliun.

Pada perdagangan regional Asia, bursa saham diproyeksikan akan bergerak di zona merah, berdasarkan data sementara ini indeks Nikkei 225 -2,51% dan indeks Straits Times Singapore -0,58%. Menyusul terkoreksinya pasar saham Amerika Serikat (AS) semalam yang minus 0,28%. 

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, harga emas dunia melesat dan mencatatkan kenaikan harga tertinggi sejak November kemarin. Kejatuhan Silicon Valley Bank (SVB) membuat investor mencari perlindungan di aset aman (Safe haven) seperti emas. Tercatat, harga emas dunia naik 2,4%. Sepanjang bulan ini, harga emas sudah melesat 4,8%.

Pergerakan Harga Emas Dunia (Sumber: Bloomberg)

Konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg memperkirakan ekonomi Selandia Baru akan mengalami kontraksi (Pertumbuhan negatif) 0,2% pada kuartal IV-2022. Jika ekonomi kembali gagal tumbuh kuartal ini, maka Selandia Baru akan masuk zona resesi, 6 bulan lebih awal dari perkiraan bank sentral RBNZ. Sementara itu, untuk keseluruhan 2022, median proyeksi konsensus Bloomberg menunjukkan angka pertumbuhan ekonomi sebesar 3,3%.

(fad)

No more pages