Logo Bloomberg Technoz

BPS Ungkap Korelasi Penciptaan Lapangan Kerja terhadap PMTB 2023

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 February 2024 18:25

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti saat rilis Produk Domestik Bruto (PDB) Triwulan IV 2023, 5 Februari 2024. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti saat rilis Produk Domestik Bruto (PDB) Triwulan IV 2023, 5 Februari 2024. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap dampak penciptaan lapangan kerja dan peningkatan jumlah pengangguran terhadap capaian Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang tercatat sebesar 4,40% pada 2023.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menjelaskan, capaian PMTB tahun ini disokong oleh pertumbuhan aktivitas investasi yang tumbuh 16,20% (year-on-year/yoy). Selanjutnya, realisasi belanja modal pemerintah menguat dibanding periode sebelumnya 32,22% (yoy) dan 26,31% (c-to-c).

“Tentunya capaian PMTB tahun ini karena tumbuhnya aktivitas investasi dan penanaman modal dan kalau kita lihat realisasi belanja modal pemerintah cukup tinggi,” ujar Amalia dalam konferensi pers, Senin (5/2/2024).

Selain itu, aktivitas penanaman modal dan pembangunan untuk tempat tinggal juga mencatatkan tren positif, terutama setelah masa pandemi Covid-19. Sebagai contoh, pembangunan perumahan seperti Rusun Lanud Halim Perdana Kusuma, Rusun ASN di IKN, Program Sejuta Rumah, dan lain-lain.

Tak hanya itu, peningkatan aktivitas tersebut juga tercermin dari pembangunan jalan tol pada Jalan Tol Kisaran-Tebing Tinggi, Jalan Tol Serpong Cinere, Jalan Tol Cinere–Jagorawi, dan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung. Serta, pembangunan bendungan, di antaranya Bendungan Margatiga di Lampung, Bendungan Cipanas di Jawa Barat, dan Bendungan Karian di Banten.