Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Kaji Student Loan, Bagaimana Penerapannya di AS?

Delia Arnindita Larasati
05 February 2024 10:50

Universitas di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Universitas di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) sedang mengkaji kemungkinan pemberian pinjaman kepada mahasiswa atau yang disebut sebagai student loan. Rencana ini diberikan untuk menjamin agar mahasiswa mampu membayar biaya kuliah.

Di negara-negara maju, student loan merupakan hal yang biasa, khususnya di Amerika Serikat (AS). Akan tetapi, praktiknya menimbulkan masalah jangka panjang. Menurut data dari Federal Student Aid, Sebanyak 40 juta mahasiswa di AS secara kolektif berutang lebih dari US$1,6 triliun. 

Skema Student Loan di AS

Student loan merupakan jenis pinjaman cicilan untuk membiayai kuliah dan biaya terkait. Di antaranya termasuk uang sekolah, buku, dan biaya hidup. Di AS, ada dua jenis student loan yang bisa digunakan, yaitu federal dan swasta.

Kampus UI. (Sumber: azharifirmansyah/website resmi UI)

Pinjaman federal tersedia melalui Departemen Pendidikan AS. Para mahasiswa harus mengajukan Aplikasi Gratis (Free Application) untuk Bantuan Mahasiswa Federal (Federal Student Aid/FAFSA). 

Sebagian besar pinjaman mahasiswa federal tidak memerlukan pemeriksaan kredit. Suku bunga mereka juga tidak berbasis kredit, ditetapkan oleh hukum federal dan biasanya lebih rendah dari suku bunga pinjaman swasta.