Logo Bloomberg Technoz

Biden Kian Dekat Jadi Capres AS, Menang Telak di Carolina Selatan

News
05 February 2024 06:15

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Stephanie Lai dan Akayla Gardner - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joe Biden meraih kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan (primary election) Partai Demokrat di Carolina Selatan. Hal ini akan berdampak pada upaya Nikki Haley untuk mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik tiga pekan mendatang.

Biden hanya menghadapi rival yang tidak terlalu diunggulkan, yaitu Dean Phillips anggota dewan dari Minessota dan Marianne Williamson seorang penulis buku self-help. Kemenangan tersebut akan membantu Biden menghilangkan keraguan para pemilih, termasuk dari partainya sendiri, terkait usia dan agenda ekonominya.

Sejumlah agensi berita mengumumkan kemenangan Biden sekitar 23 menit setelah pemungutan suara ditutup pada Sabtu (3/2) malam. Sementara Biden menghadiri pertemuan kampanye di Los Angeles saat pengumuman tersebut.

Hanya berselang beberapa menit, tim kampanye Biden mengeluarkan pernyataan yang menggembar-gemborkan catatan ekonominya. Mereka mengatakan para pemilih di Carolina Selatan "yang membuktikan bahwa para pakar salah" telah menghidupkan kembali pencalonannya di 2020, dan membawanya ke jalur menuju Gedung Putih. Menurut hasil resmi awal pada Sabtu, Biden memperoleh 96% suara dari semua negara bagian.