Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Proyek Jalur Sepeda DKI Jakarta yang Dibanggakan Anies 

Dovana Hasiana
04 February 2024 21:02

Cover Cek Fakta Anies Debat Capres 4 Februari 2024 (Bloomberg Technoz)
Cover Cek Fakta Anies Debat Capres 4 Februari 2024 (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta -Capres nomor urut 01, Anies Baswedan membanggakan salah satu proyeknya saat menjabat Gubernur DKI Jakarta yaitu pembangunan jalur sepeda. Cek fakta kondisi terkini proyek jalur bercat hijau tersebut.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri tengah mendapat gugatan dari komunitas pesepeda Bike to Work (B2W) atas dugaan malpraktik keamanan jalur sepeda. Pemerintah dituduh membongkar sejumlah pembatas atau pengaman jalur sepeda yang justru membahayakan para peseda.

Pada saat ini, jalur sepeda memang hanya ramai digunakan pesepeda pada pagi hari setelah subuh dan saat akhir pekan. Di luar waktu tersebut, jalur sepeda cenderung sepi. Akibatnya, jalur yang dipasangi pembatas itu lebih sering dimanfaatkan para pengguna sepeda motor. Banyak bagian berlubang dan rusak dan tanpa pengaman.

Pemprov DKI pun sudah pernah mengkonfirmasi hilangnya pembatas bentuk stick cone pada jalur sepeda disebabkan kerusakan. Mereka mengklaim sejumlah kendaraan bermotor menabrak dan merusak pembatas tersebut.

Di sisi lain, Pemprov mengklaim tak memiliki anggaran yang cukup untuk membuat stick cone baru. Anggaran perawatan pun sudah sangat berkurang dan minim.