Logo Bloomberg Technoz

"Dari perspektif pasar, sinyalnya terlalu halus dan tidak jelas dibandingkan dengan apa yang dicari pasar untuk mengubah ekspektasi secara positif," kata Galvin Chia, ahli strategi pasar negara berkembang di NatWest Markets di Singapura. "Hal ini masih menunjukkan bahwa sikap kebijakan secara keseluruhan adalah memberikan dukungan pada pasar, tetapi tidak cukup menstimulasi untuk memicu kenaikan aset."

Indeks acuan CSI 300 turun 0,2% pada Kamis pagi, sejalan dengan penurunan pada hari kelima, yang merupakan penurunan terpanjang dalam lebih dari tiga pekan. Yuan onshore melemah 0,1% menjadi 7,1799 per dolar.

Pleno ketiga dapat memberikan petunjuk tentang rencana jangka panjang China untuk mengatasi masalah struktural yang dihadapi ekonomi. Investor akan mempelajari laporan akhir untuk mencari sinyal perubahan kebijakan potensial dan langkah-langkah masa depan untuk menstabilkan ekonomi yang melambat.

Pertemuan biasanya diadakan pada bulan Oktober atau November, satu tahun setelah tim kepemimpinan baru China ditetapkan. Penundaan pertemuan hingga 2024 menandai pertama kalinya sidang pleno ketiga diadakan di luar jadwal dalam lebih dari tiga dekade.

Kepercayaan terhadap ekonomi China telah surut dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun pemerintah berupaya menambah stimulus, termasuk melalui langkah-langkah untuk melepaskan lebih banyak uang tunai jangka panjang untuk bank, memperketat aturan tentang pinjaman saham untuk short-selling dan memperluas akses pengembang terhadap pinjaman. Menambah pesimisme, China pada hari Rabu melaporkan bahwa aktivitas pabrik kembali berkontraksi pada Januari.

(bbn)

No more pages